Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari peran besar kualitas para pendidik. Upaya pemberdayaan guru telah dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai program seperti penugasan studi lanjut bagi guru-guru yang belum sarjana (S1), Pemantapan Kerja Guru (PKG), dan Sertifikasi guru. Namun program pemerintah tersebut belum mampu menyentuh seluruh elemen guru dan sertifikasi guru dinilai memiliki pengaruh rendah terhadap profesionalisme guru dan peningkatan mutu pembelajaran. Kondisi ini memerlukan adanya pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan. Diperlukan langkah-langkah praktis yang mampu menyentuh seluruh elemen guru dan mudah diaplikasikan oleh guru dimana pun guru tersebut berada karena pada dasarnya kunci keberhasilan pengembangan guru adalah dari diri mereka sendiri. Yayasan Pintar Pemersatu Bangsa (YP2B) selaras dengan visi dan misinya turut aktif membantu program pengembangan kualitas guru dengan menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris Gratis bagi guru PAUD dan TK di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Program pendidikan gratis bagi guru-guru PAUD dan TK ini telah dimulai sejak tahun 2013, dan program ini masih terus dilaksanakan oleh YP2B di tempat-tempat yang berbeda. Untuk tahun 2018 rencananya program ini akan dilaksanakan di 14 Kecamatan di tiga kota yaitu; 6 kecamatan di Kota Depok, 5 kecamatan di Kabupaten Pangandaran, dan 3 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

The English Training Program for the Community had been started since 2013, and this program  still continues up to the present time.